Demi mengembalikan 12 juta Ethereum (ETH) yang dikuras abis dari DAO oleh seseorang/sekelompok hacker berkat ketidakamanan protokol DAO, Ethereum melakukan hard fork yang ternyata tidak sepenuhnya didukung oleh komunitas, dan bahkan ditentang oleh beberapa developer Bitcoin. Meskipun berhasil, perdebatan hard fork jaringan Ethereum ini berujung pada peristiwa Splitting dimana jaringan Ethereum terbagi menjadi dua yaitu, ETH (Ethereum) dan ETC (Ethereum Classic). Ethereum Classic menjadi sebuah project alternatif yang dikembangkan untuk mempertahankan jaringan Ethereum agar tetap sama seperti ketika kasus hard fork belum terjadi.

Peristiwa Splitting ini membuat coin Ethereum juga terduplikasi, sehingga siapapun yang memiliki ETH pada saat hard fork terjadi, maka dia juga akan memiliki ETC dengan jumlah yang sama. Katakanlah Andi memiliki 100 ETH pada saat hard fork terjadi, maka setelah hard fork jaringan Ethereum selesai, Andi memiliki 100 ETH dan 100 ETC di dalam address yang dimilikinya.

Menanggapi hal ini, Bitcoin.co.id memfasilitasi hal yang sama dengan yang terjadi pada network Ethereum. Bagi member yang memiliki saldo ETH (baik saldo aktif maupun saldo yang sedang digunakan pada order pending) pada saat hard fork, akan mendapatkan sejumlah saldo ETC sesuai dengan saldo ETH yang dimiliki tepat sebelum hard fork.

ETC di dalam Bitcoin.co.id bisa di-withdraw melalui URL: https://vip.bitcoin.co.id/etc. Untuk mengakses URL ini, Anda harus login terlebih dahulu dan menggunakan VIP.Bitcoin.co.id desain baru (VIP 2.0).

Berhubung Bitcoin.co.id belum memiliki rencana untuk membuka market ETC dalam waktu dekat, saldo ETC hanya bisa ditarik saja. Bitcoin.co.id tidak menerima deposit dan tidak melayani proses jual beli coin Ethereum Classic di VIP.Bitcoin.co.id. Bila Anda pernah melakukan deposit ETC ke VIP.Bitcoin.co.id, tim kami akan mengembalikan saldo Anda sepenuhnya dalam waktu 1 – 48 jam. Mohon kirimkan alamat wallet ETC Anda ke tim admin via e-mail di [email protected], dan beritahukan data akun Anda seperti nama pemilik akun, username, e-mail dan nomor telepon.

Silakan hubungi kami via live chat atau e-mail bila ada kendala.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *