Demi mengembalikan 12 juta Ethereum (ETH) yang dikuras abis dari DAO oleh seseorang/sekelompok hacker berkat ketidakamanan protokol DAO, Ethereum melakukan hard fork yang ternyata tidak sepenuhnya didukung oleh komunitas, dan bahkan ditentang oleh beberapa developer Bitcoin. Meskipun berhasil, perdebatan hard fork jaringan Ethereum ini berujung pada peristiwa Splitting dimana jaringan Ethereum terbagi menjadi dua yaitu, ETH (Ethereum) dan ETC (Ethereum Classic). Ethereum Classic menjadi sebuah project alternatif yang dikembangkan untuk mempertahankan jaringan Ethereum agar tetap sama seperti ketika kasus hard fork belum terjadi.

Peristiwa Splitting ini membuat coin Ethereum juga terduplikasi, sehingga siapapun yang memiliki ETH pada saat hard fork terjadi, maka dia juga akan memiliki ETC dengan jumlah yang sama. Katakanlah Andi memiliki 100 ETH pada saat hard fork terjadi, maka setelah hard fork jaringan Ethereum selesai, Andi memiliki 100 ETH dan 100 ETC di dalam address yang dimilikinya.

Menanggapi hal ini, Bitcoin.co.id memfasilitasi hal yang sama dengan yang terjadi pada network Ethereum. Bagi member yang memiliki saldo ETH (baik saldo aktif maupun saldo yang sedang digunakan pada order pending) pada saat hard fork, akan mendapatkan sejumlah saldo ETC sesuai dengan saldo ETH yang dimiliki tepat sebelum hard fork.

ETC di dalam Bitcoin.co.id bisa di-withdraw melalui URL: https://vip.bitcoin.co.id/etc. Untuk mengakses URL ini, Anda harus login terlebih dahulu dan menggunakan VIP.Bitcoin.co.id desain baru (VIP 2.0).

Berhubung Bitcoin.co.id belum memiliki rencana untuk membuka market ETC dalam waktu dekat, saldo ETC hanya bisa ditarik saja. Bitcoin.co.id tidak menerima deposit dan tidak melayani proses jual beli coin Ethereum Classic di VIP.Bitcoin.co.id. Bila Anda pernah melakukan deposit ETC ke VIP.Bitcoin.co.id, tim kami akan mengembalikan saldo Anda sepenuhnya dalam waktu 1 – 48 jam. Mohon kirimkan alamat wallet ETC Anda ke tim admin via e-mail di admin@bitcoin.co.id, dan beritahukan data akun Anda seperti nama pemilik akun, username, e-mail dan nomor telepon.

Silakan hubungi kami via live chat atau e-mail bila ada kendala.

 

Comments

    1. infoadmin

      Halo Bapak Wawang,

      Sejak Agustus 2015, rekening BCA dan Mandiri kami sedang mengalami proses maintenance jadi kami non-aktifkan. Masih belum pasti kapan kami akan menggunakan kedua rekening itu kembali, namun untuk saat ini mohon jangan transfer ke rekening BCA dan Mandiri lama kami. Untuk deposit Rupiah, kami sudah sediakan beberapa pilihan lain yang bisa Anda gunakan. Anda masih bisa transfer dari rekening BCA/Mandiri Anda ke CIMB Niaga kami. Untuk melihat nomor rekening bank CIMB Niaga kami, silakan login ke akun Bitcoin.co.id Anda dan pilih menu Deposit Rupiah.

      Semoga jawaban saya membantu. Terimakasih.

  1. Aris

    Saya melakukan pembelian coin XEM diharga 0.00011166 jumlah 900 jumlah BTC 0.100494
    Setelah order sukses kenapa hanya masuk 526,64759014 XEM
    Saya sudah message ke Admin@gmail.com tapi tidak ada respon

    Mohon bantuanya
    Thx

    1. infoadmin

      Halo Bapak Aris,

      Kemungkinan besar order beli Anda masih pending. Mohon dicek kembali status order Anda di market XEM, apakah masih pending atau tidak. Kalau saldo XEM baru masuk sebagian, itu artinya transaksi Anda masih belum tereksekusi sepenuhnya. Anda harus menunggu hingga harga market turun menyentuh order Anda atau membatalkan order beli Anda yang pending dan membuat order baru yang lebih mendekati harga pasar saat ini supaya cepat tereksekusi.

      Semoga jawaban saya membantu. Terimakasih.

  2. Simon

    hi im from malaysia ,if i sell my bitcoin here, how is my withdrawal ?
    Can i withdraw to my malaysian bank ?
    if yes how to go about it

    1. bitcoin Article Author

      Hello Simon,

      Sorry but right now, we cannot process withdrawal to overseas banks just yet. The only banks we support are the local ones. Usually, people just withdraw in the form of Bitcoin and withdraw it to their own wallet, not in Rupiah.

      I hope this answer helps. Thank you.

  3. Sardo

    Menanggapi hal ini, Bitcoin.co.id memfasilitasi hal yang sama dengan yang terjadi pada network Ethereum. Bagi member yang memiliki saldo ETH (baik saldo aktif maupun saldo yang sedang digunakan pada order pending) pada saat hard fork, akan mendapatkan sejumlah saldo ETC sesuai dengan saldo ETH yang dimiliki tepat sebelum hard fork.

    Bagaimana maksudnya,. Untuk yang memiliki ETH saat tanggal berapa?

    1. bitcoin Article Author

      Halo Bapak Sardo,

      Kasus ini terjadi pada tanggal 30 Juli tahun 2016 lalu. Sekarang kasus ini sudah terselesaikan dan tidak ada masalah lagi untuk saldo ETH yang Anda miliki. Pemberitahuan ini bisa diabaikan bila Anda bertransaksi Ethereum setelah tanggal tersebut.

      Semoga jawaban saya membantu. Terimakasih.

  4. Aris saerang

    Saya tinggal di jakarta, bagaimana cara saya bertransaksi tuk jual beli etherium melalui anda?
    Apakah saya bisa jual beli pada saat malam katakan jam 3 pagi?
    Adakah batasan limit per transaksi?
    Bagaimana cara deposit via bank BCA?
    Terima kasih

    1. Tatra

      Halo Bapak Aris Saerang,

      Untuk perdagangan Ethereum, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu di bitcoin.co.id. Setelah Anda mempunyai akun dan akun Anda sudah terverifikasi Anda bisa melakukan deposit lalu masuk ke pasar Ethereum dimana Anda bisa melakukan jual/beli Ethereum dengan Bitcoin. Anda bisa melakukan transaksi kapanpun, karena market kami buka 24jam tanpa libur dan tutup. Untuk WNI bila akun sudah terverfikasi maka limitnya adalah 100juta, namun bila limit tersebut belum cukup untuk Anda bisa mengajuka upgrade limit sesuai dengan kebutuhan Anda dalam bertransaksi. Untuk deposit menggunak Bank BCA, Anda bisa klik menu Deposit Rupiah di akun Anda lalu mengikuti semua langkah-langkah yang ada disana. Bila Anda mengalami kendala, jangan sungkan untuk menghubungi tim admin kami via email di admin@bitcoin.co.id. Tim admin kami akan dengan segera membantu perihal kendala yang Anda hadapi.

      Semoga jawaban dari kami bisa membantu. Terimakasih.

    1. bitcoin Article Author

      Halo Bapak Didik,

      Apakah yang Anda maksud deposit Ethereum ke VIP? Mohon kontak kami di admin@bitcoin.co.id supaya bisa kami bantu pengecekan transaksinya secara personal.

      Terimakasih.

  5. Alwan

    Saya ingin trading di vip bitcoin.co.id tapi saya masih bingung nah saya mau mengajukan pertanyaan karena saya masih awam tentang dunia bitcoin dan trading.

    1.apakah bisa melakukan deposit menggunakan voucher vip bitcoin tanpa melakukan verifikasi akun vip bitcoin?

    2.apakah bisa melakukan trading tanpa melakukan verifikasi akun vip bitcoin?

    3.apakah bisa melakukan Pengiriman bitcoin ke Wallet bitcoin lain seperti:(blockhain,xapo,dll) dan apakah bisa tanpa verifikasi akun vip bitcoin?

    4. berapa fee yg dibebankan setiap pengiriman ke Wallet lain seperti pertanyaan no 3?

    Terimakasih Jika menjawab pertanyaan saya:)

    1. Tatra

      Halo Bapak/Ibu Alwan,

      1. Anda bisa melakukan deposit menggunakan voucher VIP walaupun akun Anda belum terverifikasi.
      2. Anda bisa melakukan trading walaupun akun Anda belum terverifikasi.
      3. Bila akun Anda belum terverifikasi maka Anda tidak bisa melakukan pengiriman Bitcoin.
      4. Untuk transaksi pengiriman Bitcoin hanya dikenakan miner fee yaitu sebesar 0,0005 BTC.

      Bila akun Anda belum terverifikasi memang Anda bisa melakukan beberapa transaksi, namun Anda tidak akan bisa melakukan penarikan dan limit transaksi Anda kecil. Untuk keamanan dan kenyamanan Anda dalam bertransaksi, kami sarankan untuk melakukan verifikasi akun. Bila Anda masih mempunyai pertanyaan maupun kendala, bisa menghubungi tim admin kami di admin@bitcoin.co.id. Tim admin kami akan dengan segera membantu Anda.

      Semoga jawaban dari kami bisa membantu. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *